PROFIL KOTA BATU

Batu adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak 15 km sebelah barat Kota Malang, berada di jalur Malang-Kediri dan Malang-Jombang. Kota Batu secara geografis terletak antara 744’55,11″ – 826’35,45″ Lintang Selatan dan 12217’10,90″ – 12257’00,00″ Bujur Timur. Kota Batu berbatasan langsung dengan Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan di sebelah utara serta dengan Kabupaten Malang di sebelah timur, selatan, dan barat. Luas wilayah Kota Batu 202,30 Km2 yang terbagi menjadi tiga kecamatan dan 24 desa/kelurahan.
Kota batu yang mempunyai hawa sejuk merupakan kawasan yang tepat untuk pertanian dan menanam buah, bunga-bungaan. Kota Batu memiliki Beberapa produk unggulan antara lain Apel, Anggrek Punten, Bonsai, bunga Hias, Bunga hias, Bunga Hias Barokah, Green House(Tanaman), Mawar (Holland, Singapore, India), Pembibitan Kentang, Pembibitan rambutan, jati emas.
Kota Batu merupakan kota pengunungan yang mana banyak sekali menghasilkan hasil perkebunan, dan salah satu
hasil perkebunan terbesar desa Torongrejo adalah bawang merah. Kota ini juga termasuk penghasil Jamur Tiram Putih dan Jamur tiram Sumbergondo yang banyak ditemukan di Desa Sumbergondo Kec. Bumiaji.
Kota Batu juga banyak memiliki aneka kerajinan yang sudah di ekspor ke mancanegara. diantaranya Kerajianan Onix, sudah merambah ke Luar Negeri. Selain itu juga sering mengikuti berbagai ajang pameran diseluruh Indonesia. Kerajinan Gerabah Patung, memiliki kerjasama dengan Negara Jepang. Dan Gerabah ini juga sudah merambah ke luar negeri. Kerajinan gong dan alat-alat pertanian, kerajinan ini mampu bersaing dengan pasar luar negeri di mana pernah menerima pesanan gong ke Belanda, Jerman dan Australi.
Kota Batu pernah dijuluki sebagai Swiss Kecil di Pulau Jawa serta kawasan wisata pegunungan yang sejuk. Di obyek wisata Songgoriti terdapat Candi Songgoroto dan patung Ganesha peninggalan Kerajaan Singosari serta tempat peristirahatan yang dibangun sejak zaman Belanda. Wisata gua di Cangar dan Tlekung, terdapat pula gua dengan kedalaman 15 km. Tempat wisata andalan lainnya adalah Selecta dan Kusuma Agrowisata (perkebunan apel) di lereng Gunung Panderman. Selain itu terdapat juga pemandian air panas di Cangar. Objek wisata lain di kota Batu adalah air terjun Coban Rondo, Coban Rais, dan Coban Talun.

untuk menikmati Indahnya kota Batu secara visual lihat info gambar gerak di sebelah kanan>>
Sumber Data: –
Updated: 15-3-2011

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *