Pemerintah Kota Batu Meminta Warga Waspada Bahaya ISPA

 

Posted : 25 November 2011 | 10:00 AM

BATU(24 Nov 2011)Puskesmas Beji, mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap serangan ISPA dan Demam Berdarah (DB). Itu karena pada musim penghujan seperti ini, dua penyakit tersebut kerap menyerang tempat tinggal. Bahkan sejak memasuki pancaroba, penderita ISPA mendominasi pasien di Puskesmas itu.
Hal tersebut diungkapkan Kepala Puskemas Beji dr Sachariano. Menurutnya, dari daftar 10 penyakit, ISPA saat ini menduduki posisi tinggi di Beji. Penyakit itu sebenarnya masih bisa dikontrol sepanjang penderita secara cepat memeriksakan diri.
Khusus untuk ISPA, yang paling diwaspadai adalah ketika menyerang bayi dan anak-anak. Sebab, pada bayi, ISPA bisa menyebabkan kemunculan serangan pneumonia atau radang paru-paru. Bila dibiarkan, penyakit ini  bisa menimbulkan bahaya kematian pada bayi dan anak-anak.
Sedangkan untuk demam berdarah sendiri, sampai saat ini baru muncul satu kasus, itupun baru gejala. Kendati demikian, masyarakat tidak boleh adem ayem sehingga meremehkan penyebarannya. Pembersihan lingkungan wajib dilakukan utamanya jika melihat ada genangan air sisa hujan.
Pihak Puskesmas sendiri, selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya pencegahan penyakit. Penyuluhan berkala itu diyakini menjadi cara ampuh, untuk mencegah kemunculan jentik nyamuk.(sumber Malang Post dan diolah Tim PDE Pemkot Batu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *