Sejarah Forum Anak Desa Sumbergondo

Forum anak adalah organisasi anak yang dibina oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, untuk menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak-anak di seluruh Indonesia dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak. Forum Anak dapat juga diartikan sebagai pertemuan anak-anak dari berbagai kelompok untuk membicarakan sesuatu.

                  Forum Anak Desa Sumbergondo adalah salah satu forum anak tingkat desa dikota wisata Batu Kecamatan Bumiaji Forum Anak Desa Sumbergondo hadir untuk mewadahi hak partisipasi anak yang ada di Desa Sumbergondo dalam hal itu Desa Sumbergondo membentuk forum anak pada tanggal 12 Febuari 2012 dengan nama FOCS (Forum Of Childern Sumbergondo) dengan binaan langsung dari ketua tim pengerak PKK Desa Sumbergondo dan dibantu oleh POKJA 1.

        Desa sumbergondo memiliki 3 dusun yaitu dusun Tegalsari, Dusun Segundu, dan Dusun Sengonan dengan bantuan sekertaris PKK desa dan ketua RW yang ada didesa Sumbergondo dengan membuat undagan untuk setiap RW yaitu mengirim 10 perwakilan anak per RW maka terbentuklah forum anak desa Sumbergondo yang beranggotakan 30 anak maka pada tanggal 09 Juni 2012 terbentulah FOCS  adapun Visi dan Misi forum anak Desa Sumbergondo

Visi organisasi :Sebagai wadah partisipasi anak desa sumbergondo dalam pembangunan, dan menjadikan anak-anak desa sumbergondo berhak mulia dan mengerti kewajiban sebagai anak. Misi organisasi :

  1. Memperjuangkan hak anak dalam segala bidang kehiduppan di Desa Sumbergondo
  2. Melaksanakan kewajiban sebagai anak
  3. Sebagai wadah aspirasi, partisipasi anak Desa Sumbergondo dalam pembangunan
  4. Mendukung seluruh kegiatan FA Mahasatu Kota Batu

Tujuan forum anak desa sumbergondo

 Forum Of Children Sumbergondo ini bertujuan untuk :

  1. Menampung dan menyalurkan aspirasi anak dalam memenuhi dan memperjuangkan hak anak
  2. Membangun nilai kebersamaan, menyatukan visi dan misi dalam ke-bhinekaan , di tengah-tengah forum anak di Desa Sumbergondo.
  3. Mengamankan, mempertahankan dan turut serta berperan aktif melestarikan kultur dan budaya alam.
  4. Melakukan fungsi kontrol atau pengawasan terhadap kinerja pemerintah dalam memenuhi hak anak
  5. Mencerdaskan dan membentuk karakter anak Sumbergondo yang cerdas dan kritis, terhadap hak-haknya yang dilindungi oleh hukum Undang-Undang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *