Santunan Anak Yatim Dan Duafa’ Di Desa Sumbergondo

Santunan Anak Yatim Piatu dan Duafa' Di Desa Sumbergondo 2018

KimWartaMertani,09/18 ,, Bulan Muharam merupakan salah satu bulan yang penuh dengan pahala dan berkah.Terutama bagi saudara kita yang kurang beruntung yaitu para anak Yatim dan Duafa’, banyak bentuk ibadah yang dapat dilakukan oleh kita semuanya sebagai sesama umat manusia, salah satunya adalah menyantuni anak yatim piatu dan kaum duafa untuk meningkatkan kepedulian sosial kita terhadap sesama.Bertepatan dengan momen bulan Muharam 1439H/2018 M ini, segenap warga masyarakat desa Sumbergondo mulai dari Kepala desa bersama Perangkat dan Lembaga2 yang ada di desa sampai seluruh warga masyarakat berbagi kebahagiaan bersama  25 anak yatim piatu dan kaum duafa. Anak-anak yatim piatu yang diundang berasal dari putra putri warga desa Sumbergondo pada khususnya.

Sutrisno,Sekretaris desa mengatakan kepada Kim Warta Mertani bahwa kegiatan santunan ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan Pemerintah Desa Sumbergondo setiap tanggal 10 bulan Muharam tiap tahunnya,selain memang telah dianggarkan dalam Alokasi Dana Desa tiap tahunnya juga melibatkan seluruh perangkat desa dan warga yang peduli anak Yatim dan Duafa dan kepanitiaan di ambil dari pengurus masjid setempat dibawah koordinasi dari Kasi Pelayanan Desa Sumbergondo,Masyarakat desa Sumbergondo ingin berbagi kebahagiaan pada anak-anak yang kurang beruntung di Desa Sumbergondo.
Acara yang mengangkat tema ‘ Berbagi Bersama Anak Yatim dan Duafa’ di Bulan yang Penuh Berkah’ ini pun dijadikan ajang silaturahim antara Pemerintah Desa Sumbergondo dengan masyarakat dalam suasana yang berbeda yang sarat nilai Sosial dan penuh berkah . “Kami juga ingin kegiatan ini menjadi ajang komunikasi untuk mempererat silaturahim dengan masyarakat ,” kata Ustadz Purwito,selaku Ketua Panitia Acara ini di Halaman SDN Sumbergondo 02,Dusun Tegalsari Desa Sumbergondo,Kamis (20/09).
Sementara itu, Nuryuwono,Kepala desa Sumbergondo melalui saluran pribadi kepada Kim Warta Mertani mengatakan kepedulian membantu sesama seperti ini akan mendatangkan banyak manfaat. “Kepedulian ini akan berbuah pada siapa saja yang membantu orang lain. Setahu saya akan mendapatkan manfaat yang lebih daripada yang dibantu,” ujar Nuryuwono.
Nuryuwono berharap Masyarakat Desa Sumbergondo mempertahankan tradisi ini sampai kapanpun dengan harapan masyarakat desa semakin peduli dengan masalah sosial di berbagai sisi. Bahkan jika memungkinkan frekuensinya diperbanyak dan dalam bentuk yang lain lagi. “Mungkin entah beasiswa atau bentuk lain yang lebih produktif, yang bersifat berkelanjutan,” katanya.
Selain itu, acara ini juga diisi dengan penampilan spesial Orkes Gambus atau Habsy dari Remaja Masjid setempat. Sambil menunggu acara inti yaitu pemberian santunan,terlebih dahulu KH. Komarudin Latief dari Malang memberikan tausiyah seputar pentingnya menyantuni anak Yatim sesuai yang telah diajarkan oleh Nabi Besar Muhammad SAW. Acara ini ditutup dengan penyerahan Santunan kepada anak Yatim dan Duafa’ sebanyak 25 orang.,seluruh penyantun bergiliran memberikan santunan kepada masing2 penerima yang berjejer rapi diatas panggung,sambil di iringi doa serta usapan kasih sayang dikepala anak Yatim,tak terasa banyak air mata yang menetes membasahi pipi para penyantun ketika bersentuhan langsung dengan anak2 yang patut kita sayangi bersama ini, bersama seluruh peserta, pihak Pemerintah Desa Sumbergondo mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak,baik Panitia,dan segenap warga masyarakat desa sumbergondo yang telah membantu terlaksananya acara ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *