Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) Desa Sumbergondo di Bidang Kesehatan Prioritaskan Penanggulangan Stunting

KIMWM,Sumbergondo – Stunting termasuk masalah kesehatan yang harus segera ditanggulangi, agar kesehatan terjaga dan pertumbuhan berlangsung dengan baik.

Hal itu disampaikan Kepala Puskesmas Kecamatan Bumiaji Kota Batu di depan warga masyarakat Desa Sumbergondo, dr Wahyu Ameliasari, Jumat (27/01/2020) saat pertemuan sosialisasi pencegahan stunting di Gedung Balai Pertemuan desa sumbergondo.

Disebutkan, faktor penyebab stunting diantaranya adalah kurangnya asupan gizi selama kehamilan dan masa pertumbuhan, serta masih kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap pemenuhan kebutuhan gizi. 

Selain itu dr Wahyu juga memaparkan dampak-dampak yang mungkin terjadi akibat stunting baik jangka pendek seperti tubuh anak yang pendek, mudah sakit dan kecerdasan rendah, serta dampak jangka panjangnya seseorang akan beresiko tinggi terkena stroke maupun diabetes.

Istilah stunting memamg masih asing bagi sebagian masyarakat. sehingga dengan diadakannya sosialisasi tersebut ke depan diharapkan semua kebutuhan gizi ibu hamil dan anak tertangani dengan baik.

Penulis: Supanji Anggono

Editor: Yusron Ubaidillah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *