Selamatan Desa Sumbergondo Tahun 2020 Berlangsung Khidmat

Terlihat warga di Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu melaksanakan ritual adat Bedah Krawangan atau Bersih Desa, Senin (24/02/20). Tradisi tersebut sudah dilakukan secara turun temurun untuk menghormati para leluhur dan berdoa untuk keselamatan desa.

Mereka membawa makanan tersebut dari rumah masing-masing. Kemudian membawanya dengan berjalan kaki menuju ke Punden Mbah Mertani yang berada di dusun Segundu, Desa Sumbergondo. Mbah Mertani merupakan leluhur yang diyakini masyarakat sebagai tokoh bedah kerawang Desa Sumbergondo.

Selanjutnya, makanan tersebut ditata berjajar di halaman punden. Seorang sesepuh adat pun memimpin untuk mendoakan para leluhur yang telah membuka desa yang kemudian di amini oleh masyarakat. Usai membacakan doa, makanan tersebut kemudian kembali dibawa pulang untuk disantap secara bersama-sama.

Tradisi Bersih Desa rutin dilaksanakan pada bulan Rajab, tepatnya Senin Kliwon pada hitungan Jawa.Tapi karena pada kali ini bulan Rajab tidak terdapat hari Senin Kliwon, maka acara Bersih Desa dimajukan pada Bulan Jumadil Akhir.

Pada ritual tersebut, seluruh warga juga berdoa agar selamat dan tolak bala, baik warganya maupun desanya. Selain di punden Mbah Mertani, acara itu sendiri juga digelar di beberapa tempat,seperti Punden Marcapat, tempat sumber air, juga di rumah Kepala Desa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *