Dampak Virus Corona, Ratusan Pelaku Wisata Jip Terancam

Sumbergondo,03/04/2020,Tutupnya aktivitas pariwisata di Kota Wisata Batu akibat dampak virus corona (Covid-19) membuat hampir seluruh pelaku wisata jip nihil pemasukan. Akibatnya pelaku wisata jip kebingungan dalam perekonomian.


Pengunjung yang sepi membuat mereka terancam dalam perekonomian. Diperkirakan, sekitar 150 jip tidak beroperasi yang terdata saat ini, sebagian besar merupakan milik swadaya atau perorangan.
Suman, sebagai pelaku wisata jip adventure mengatakan, saat ini wabah Covid-19 melumpuhkan perekonomian masyarakat yang bergantung juga ada sektor pariwisata. “Ya terdampak sekali bukan hanya ojek, bukan hanya jip, tetapi segala ruas (sektor pariwisata) kita bersama,” ujar pria tersebut. Jumat (03/04/2020).


Tempat wisata tersebut ditutup total sejak Jumat (20/3/2020). Mulai dari Taman Rekreasi Selecta, Jatimpark sampai dengan wisata petik apel. Turis-turis yang tadinya akan menyewa jasa mereka pun urung, lantaran lebih memilih keselamatan agar terhindar dari Covid-19.


“Mulai tanggal 14 Maret kemarin sudah tidak beroperasi. Mendadak akhirnya ditutup aktivitas untuk wisata. Padahal, ya, termasuk tamu dari sebagian besar kita mengandalkan dari luar daerah. Kami yang ada di Kota Batu ini bener-bener akhirnya tidak ada tamu. Entah sampai kapan” katanya.


“Bukan hanya menerang organ tubuh saja tetapi juga organ tunggal seperti pariwisata jip adventure ini, dan perekonomianpun mati kutu.” kata suman.
Penulis: Anggun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *