Sosok Pemerhati Pertanian Di Desa Sumbergondo

Sumbergondo,09/04/20- Bu Puji Iriani, itulah panggilan akrab seorang  pemerhati pertanian yang bertugas di desa Sumbergondo kecamatan Bumiaji kota Batu ini. Beliau adalah  penyuluh pertanian lapangan (PPL) dari Dinas Pertanian Kota Batu untuk desa Sumbergondo  sejak  bulan April tahun 2018 lalu.


Wanita 52 tahun ini selalu rutin datang ke  Sumbergondo untuk memberi penyuluhan bidang pertanian serta memberi informasi seputar pertanian pada  petani di Sumbergondo. Beliau mengatakan semakin komplitnya permasalahan petani saat ini adalah alasan perlunya ada penyuluh pertanian yang bertugas membantu para petani untuk memecahkannya. “Untuk saat ini sasaran kami masih terbatas pada kelompok tani saja dan belum bisa menyentuh petani keseluruhan karena terbatasnya personil dan waktu”,imbuhnya.


Menurutnya, permasalahan yang paling utama  pada saat ini adalah tentang keseimbangan lingkungan yang menurun karena selain disebabkan karena ketergantungan pada obat kimia yang mengurangi kesuburan tanah dan menyebabkan resistansi penyakit yang tinggi,  juga kebiasaan petani yang pada umumnya hanya memaksimalkan merawat tanamannya saja dan kurang diimbangi perawatan tanah yang sehat, sehingga mengakibatkan menurunnya kandungan unsur hara dalam  tanah tempat becocok tanam. Padahal, keadaan tanah adalah faktor utama yang selain berpengaruh menentukan hasil panen,  juga berpengaruh pada meledaknya penyakit pada tanaman.


Beliau berharap agar para petani ada kesadaran untuk menjaga keseimbangan lingkungan dengan menggunakan obat kimia dengan bijaksana dan sesuai kebutuhan tanpa mengesampingkan perhatian pada unsur hara dan bahan organik yang ada dalam tanah karena itu adalah sumber makanan utama untuk tumbuhan.

Penulis : Aditya

Editor : Anggono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *