Ingin Entri Data di Sensus Online? Begini Caranya

Sensus Online memang dianggap lebih praktis dan efisien. Disamping hemat waktu penduduk dapat mengisikan informasinya  kapan saja secara mandiri bisa lewat smartphone ataupun laptop yang terhubung ke internet. Waktu pengisiannya pun  hanya butuh waktu sekitar 5 menit untuk tiap anggota keluarga. jangan khawatir tentang informasi yang anda masukkan karena Kerahasiaan data yang Anda berikan dijamin oleh Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik. 
Badan Pusat Statistik (BPS) memang memperpanjang batas waktu pelaksanaan sensus penduduk (SP) 2020 lantaran adanya virus Corona  (COVID-19). Dari yang semula ditetapkan sejak 15 Juli-31 Maret, menjadi sampai 29 Mei 2020. Dengan adanya perpanjangan sensus online maka jadwal wawancara langsung disesuaikan, dari semula 1-31 Juli menjadi 1-30 September 2020.


Sensus merupakan program yang membantu pemerintah mendapatkan data kependudukan yang akurat dan mutakhir yang akan digunakan untuk pengambilan kebijakan dan perencanaan pembangunan yang lebih baik. Dan bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi mengubah masa depan bangsa, begini cara mengisi data di sensus online. Tapi sebelum itu, persiapkan terlebih dahulu buku nikah, dokumen cerai, surat kematian (bila memungkinkan), kartu keluarga, dan KTP. Selanjutnya setelah mengakses laman sensus.bps.go.id, ikuti langkah-langkah berikut:

1.Akses laman sensus.bps.go.id 2020, lalu login.
2. Pilih bahasa, lalu masukkan NIK dan KK.
3. Isikan kode yang tampak di bawah nomor KK lalu klik “Cek Keberadaan”.
4.Buat kata sandi, pilih pertanyaan keamanan, lalu klik “Buat Password” untuk pengamanan data yang sudah Anda catatkan pada Sensus Penduduk Online.
5.Masukkan kata sandi yang sudah dibuat, lalu klik “Masuk”. Bacalah panduan awal mengenai pengisian SP Online, lalu klik “Mulai Mengisi”. Ikuti petunjuk dan jawablah seluruh pertanyaan dengan jujur dan benar. 
6.Setelah menjawab seluruh pertanyaan, pastikan bahwa status data setiap anggota keluarga “Sudah Update” lalu klik “Kirim”. 

7.Unduh bukti pengisian dan selesai. 

bukti bahwa bahwa penduduk telah mengisi sensus online

Untuk mengetahui apakah pengisian Sensus Penduduk Online sudah berhasil atau tidak, Anda bisa melihat halaman ringkasan yang akan muncul setelah mengisikan semua anggota keluarga. Pada halaman ini akan dimunculkan mana isian anggota keluarga yang masih ada kesalahan dan yang mana sudah benar. Jika semua isian sudah benar, namun masih ada yang perlu diperbaiki, Anda dapat mengklik tombol “simpan”. Namun jika dirasa sudah benar, Anda dapat mengirim hasil Sensus Penduduk Online dengan mengklik tombol “kirim”. Selanjutnya, Anda dapat mengunduh bukti pengisian Sensus Penduduk Online.

Penulis : Anex

Editor : Anggono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *