Rapat Koordinasi Bank Sampah Desa Sumbergondo Bersama DLH Kota Batu Bahas Kendala Yang Dihadapi

Sumbergondo-Dinas Lingkungan Hidup ( DLH )Kota Batu mengadakan rapat kordinasi bersama pengurus bank sampah yang ada di Desa Sumbergondo, Rabu 16/09/2020. hal itu bertujuan untuk menampung segala kendala yang dihadapi oleh pengurus bank sampah dalam menjalankan kegiatannya mulai dari awal pembentukan hingga saat ini.

Rapat yang diadakan di Balai Desa Sumbergondo Kecamatan Bumiaji Kota Batu ini dihadiri oleh pengurus dari enam bank sampah yang ada di sumbergondo. Kegiatan ini didasari menurunnya operasional semua bank sampah di sumbergondo sehingga pihak dinas merasa kegiatan rapat ini sangat perlu untuk dilaksanakan.

Dari enam bank sampah yang telah berdiri hingga saat ini, kebanyakan mengalami kendala yang serupa , seperti yang di sebutkan oleh Suning pengurus Bank Sampah Rawi Bumi yang ada di Dusun Sengonan Desa Sumbergondo ini, kendala utama yang dihadapi selain dari kurangnya biaya operasional, harga yang patok oleh dinas masih lebih murah dibandingkan harga dari pengepul keliling atau masyarakat biasa memanggil Pak Rombeng, sehingga kebanyakan warga memilih menjual sampahnya ke pak rombeng, katanya.

Selain itu, beliau menambahkan adanya penurunan harga dari dinas untuk beberapa item sampah semakin mempersulit pengurus bank sampah  untuk mengembangkan bank sampahnya, bahkan saat ini hampir semua bank sampah berkurang nasabahnya dibandingkan tahun lalu.

Harapan dari bank sampah agar ada insentif untuk pemilah sampah serta adanya pendampingan untuk daur ulang sampah menjadi barang yang bernilai jual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *