Musyawarah Pemantaban Pelaksanaan Selamatan Desa Sumbergondo Tahun 2021

Sumbergondo- Selamatan Desa merupakan salah satu tradisi Jawa sebagai bentuk ucapan terima kasih pada pendiri desa, dan hal itu sudah merupakan tradisi yang telah dilaksanakan secara turun temurun. Seperti halnya di Desa Sumbergondo Kecamatan Bumiaji Kota Batu, kegiatan  selamatan desa merupakan tradisi yang masih dijunjung tinggi hingga saat ini.

Dalam menyambut dan mensukseskan selamatan desa sumbergondo yang kurang lebih satu bulan lagi ,Pemerintah Desa Sumbergondo mengadakan muyawarah bersama BPD, LPMD, ketua RT dan RW, Linmas, Forum Anak dan Karang taruna guna membahas dan menetapkan agenda kegiatan serta teknis pelaksanaan selamatan desa  pada bulan Maret  mendatang. Bertempat di Balai Desa Sumbergondo kegiatan musyawarah tersebut bertujuan untuk menampung  aspirasi peserta musyawarah untuk pelaksanaan berjalan sesuai yang diharapkan.

Acara yang dilaksanakan Selasa, 15/02/2021 pukul 15:00 WIB  tersebut dipimpin oleh Sekretaris Desa Sumbergondo Sutrisno dan didampingi Kasun Tegalsari  Suwito dan sebagai ketua panitia dan Kasun Segundu Suliyatim sebagai narasumbernya. Dalam sambutannya Suwito menghimbau kepada warga Sumbergondo agar  sebelum hari-H warga diminta intuk melaksanakan gugur gunung  pada tanggal 12 Maret baik di lingkungan, jalan poros maupun di makam. Hal itu sebagai dimaksudkan supaya naluri adat serta solidaritas warga bisa tetap terjaga.

Berikut adalah point-point utama yang berhasil dihimpun KIM_WM sesuai hasil musyawarah pada sore ini antara lain:

1.   1.12 Maret 2021 Gugur gunung

2.    2. 13 Maret membuat encek , repeh-repeh, dan cok bakal, dilaksanakan di balai desa, peserta Perangkat,  BPD , juga ketua RT yang ada di Dususn Segundu

3.    3.  14 Maret masing-masing  masjid di seluruh sumbergondo diadakan kataman Alquran, dan malamnya tirakatan dimulai pukul 19:00 WIB selamatan  ruwah ngaturi di rumah BPK Alm Nuryuwono untuk para perangkat, dan di lingkungan RT masing-masing. setelah itu dilanjutkan tirakatan di balai desa.

4.    4. 15 Maret pagi hajatan selamatan di tempat-tempat  yang telah ditentukan ditentukan, dan siang pukul 14:00 pengajian di rumah BPK Alm Nuryuwono.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *