Komitmen BUMDES Pada PKK Sebagai Lembaga Pendukung Bank Sampah Antar RT

PKK Desa Sumbergondo mengadakan pertemuan rutin dilaksanakan Rabu, 31 Maret 2021. Acara tersebut juga dihadiri oleh Sekretari BUMDES Rejeki Barokah.  Dalam acara pertemuan PKK Desa Sumbergondo yang Bertempat di Balai Desa Sumbergondo, Aditya Selaku Sekretaris BUMDES Rejeki Barokah berkomitmen akan selalu mendukung Bank Sampah yang ada di Desa Sumbegondo. Berikut adalah point-point yang disampaikan:

. Ucapan terima kasih kepada seluruh warga Sumbergondo khususnya ibu2 TP PKK, Dasawisma, ibu dan Bapak RT RW, BPD, Karang Taruna, Forum Anak serta lembaga lain dalam mendukung pengelolaan sampah yg dikelola Bumdes dalam hal iuran rutin pengangkutan dan kesadaran kebersihan lingkungan.

2. Mohon dukungan teknis pembuangan sampah di tong sampah dengan:

– memilah sampah organik (sisa makanan) dan sampah anorganik (sampah kering) dalam 1 wadah (kresek) sendiri sendiri. Tidak dicampur.

– Sampah pampers dan pembalut bila berkenan dibuang dan dibakar insenerator mohon dikemas dalam 1 kresek sendiri. Dikresek double dan tidak dicampur sampah lain.

– Sampah yg tidak bisa dibakar seperti Kaca, gelas dll mohon dipisahkan (tidak dicampur dengan kresek sampah lain)

-Bangkai hewan mohon dikubur.

3. Menggalakkan Bank Sampah dengan konsep “Bank Sampah Integrasi tiap RT” dengan teknis:

– Pemdes mendukung dengan insentif Pengelola Bank Sampah tiap RT sebesar Rp.100 rb / bulan / bank sampah.

– PKK sebagai lembaga pendukung Bank Sampah antar RT dengan mendukung gerakan kebersihan lingkungan dan pengelola bank sampah.

– Bumdes sebagai Bank Sampah induk memberikan fasilitas: timbangan, buku tabungan serta pengambilan sampah di tiap bank sampah (Gratis).

– Karang Taruna lewat tenaga pengangkut sebagai pelaku teknis pengambilan pilahan sampah di bank sampah.

Mohon dukungan seluruh warga agar Pengelolaan Sampah Desa Sumbergondo makin maksimal, bermanfaat untuk semua demi menjaga kebersihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *